Login Mahasiswa

PELATIHAN PEMBUATAN SABUN CAIR PENCUCI PIRING OLEH MAHASISWA ATI-CM

Memuat gambar...

Oleh: Admin (14/05/2020)

Mahasiswa Akademi Teknik Indonesia Cut Meutia Medan melakukan kegiatan pembuatan Sabun Cair Pencuci Piring didampingi oleh Ibu DR. Nur Asyiah Dhalimunthe, ST, MT selaku Dosen Pembimbing  dan Nuraini Mardiah sebagai perwakilan dari Rumah Kimia. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah kemampuan mahasiswa sehingga dapat menghasilkan produk kimia secara mandiri.

Sabun pencuci piring merupakan turunan dari deterjen. Proses pembuatannya sama dengan proses pembuatan sabun pada umumnya. Yakni melalui suatu proses hidrolisis lemak dalam kondisi basa yang disebut Saponifikasi atau reaksi penyabunan.

Dalam proses saponifikasi, selain mencampur asam lemak dan alkali (senyawa basa)--seperti natrium hidroksida/sodium hidroksida/soda api (NaOH) atau kalium hidroksida (KOH)—sebagai bahan utama penghasil sabun, juga dibutuhkan tambahan garam sebagai bahan pendukung. Penambahan garam pada sabun, terutama garam natrium atau garam dapur (NaCl), berguna sebagai pengental sekaligus meningkatkan busa sabun pada saat digunakan.